Senin, 15 September 2014

Fakta Menarik tentang Indonesia dan Social Media


Entpreneur, media sosial merupakan sarana paling efektif dalam memasarkan produk maupun jasa yang ditawarkan dalam bisnis online. Beberapa perusahaan Indonesia yang bergerak di dunia media sosial menerbitkan data statistik yang menarik mengenai seberapa besar partisipasi Indonesia di dunia tersebut. Salah satunya adalah 2,4% dari jumlah seluruh tweet yang ada di dunia berasal dari pemilik akun Twitter yang berdomisili di Jakarta.

Perusahaan yang merilis data statistik tersebut adalah adalah Social Bakers, Media Bistro, Brand24, dan Joy Intermedia. Data yang diperoleh merupakan hasil riset yang dilakukan di Indonesia mulai dari Desember 2012 hingga Maret 2013. Simak beberapa fakta menarik yang dihimpun dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Indonesia memiliki warga yang aktif di media sosial

Media Sosial #1 : Twitter
  1. Indonesia memegang ranking ke-5 sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak
  2. Saat ini, jumlah pengguna dari Indonesia adalah 29.000.000 akun Twitter. Indonesia berada di urutan ke-5 setelah Amerika Serikat, Brazil, Jepang, dan Inggris.
  3. 2,4 % tweet dari seluruh jumlah tweet di dunia berasal dari Jakarta
  4. Jumlah tweet dari seluruh dunia adalah 10,6 miliar. Jakarta menyumbang 2,4 % dari keseluruhan jumlah tersebut atau sekitar 255 juta tweets. Dengan jumlah ini, Jakarta mengungguli Tokyo (2,3%) dan London (2%).
  5. @INFOMAICIH adalah akun Twitter yang menduduki peringkat 3 terpopuler
  6. Akun Twitter pebisnis keripik pedas Maicih, @INFOMAICIH, memiliki followers dengan jumlah 363.691 akun Twitter. Peringkat pertama dan kedua akun Twitter brands yang populer adalah @CINEMA21 (3.420.828) dan @TRANS7 (789.630).
Media Sosial #2 : Facebook
  1. Jakarta punya 11,6 juta pengguna Facebook
  2. Ibukota Negara Indonesia, Jakarta, punya 11,65 juta pengguna Facebook. Jakarta berada di urutan kedua dalam peringkat Ibukota yang memiliki jumlah pengguna Facebook terbanyak. Peringkat pertama adalah Bangkok dengan jumlah 12,7 juta dan yang ketiga adalah Sao Paulo dengan jumlah 8,7 juta pengguna.
  3. Tiga fanpages terpopuler
  4. Fanpages Opera Van Java (Trans 7), Mario Teguh, dan Dahsyat (RCTI) adalah tiga fanpages terpopuler di Indonesia dengan jumlah likes sekitar 7,1 hingga 7,6 juta.
  5. 59% pengguna Facebook di Indonesia adalah laki-laki
  6. Perbandingan pengguna Facebook: Indonesia memiliki 59% laki-laki dan 41% wanita pengguna Facebook. Hal ini cukup berbeda dengan India yang memiliki 75% laki-laki dan 25% perempuan.
Media Sosial #3 : YouTube
  1. Channel yang paling banyak dilihat adalah malesbangetdotcom
  2. Channel “malesbangetdotcom” dilihat sebanyak 4.141.654 kali. Channel tersebut mengungguli channel Gadis Gery (2.918.751), dan Pocari Sweat Indonesia (2.851.761).
  3. Channel yang memiliki perkembangan pesat dalam jumlah viewers-nya adalah L-Men
  4. Channel L-Men memiliki pertumbuhan viewers paling besar dibanding channel-channel brand lainnya. Yakni, dengan pertumbuhan 18 ribu views per harinya.
Media Sosial #4 : LinkedIn
  1. Indonesia punya 1,3 juta pengguna LinkedIn
  2. Sejak diluncurkan LinkedIn berbahasa Indonesia, negara ini termasuk salah satu negara yang paling besar pertumbuhan jumlah penggunanya, selain Turki dan Kolombia. Tiga akun perusahaan Indonesia yang terpopuler adalah Medco E&P Indonesia, Telkomsel, dan Pertamina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar